MENERAPKAN RUMUS BEKERJA CERDAS

Souce: Good Ethos Book
By Eko Jalu Santoso

Dua orang kakak beradik tinggal di kaki gunung terpencil yang kering dan kesulitan sumber air bersih.

Orang2 harus mengambil air ke puncak gunung atau membeli air bersih dari pedagang air yang mengambil air dari puncak gunung, bolak-balik setiap hari ke desanya.

Melihat keadaan itu, dua orang kakak beradik ini berpikir keras mencari solusi memindahkan air dari puncak gunung ke desanya.

Akhirnya munculah ide menggunakan saluran air dari bambu. Merekapun mulai mengumpulkan bambu, mengaitkan satu bambu dengan bambu lainnya untuk membuat pipa saluran dari gunung ke desanya.

Banyak penduduk desa yang mencibir dan meragukan pekerjaannya, tetapi mereka tetap meneruskan ide pekerjaannya.

Setelah puluhan hari merekapun berhasil mengalirkan air dari puncak gunung itu dengan sendirinya.

Sejak saat itu penduduk desa tak perlu lagi naik ke gunung dan tinggal berjalan menuju rumah kedua kakak adik ini.

Kedua kakak adik inipun mulai menikmati hasil kerja cerdasnya. Mereka menerima keuntungan pembelian air yang jauh berlipat dibanding pedagang yang bekerja keras mengangkut air.

Inilah ilustrasi bagaimana bekerja cerdas penuh kreativitas mampu memberikan hasil atau produktivitas yang berlipat dibanding hanya bekerja keras.

Itulah mengapa orang-orang yang bekerja cerdas penuh kreativitas seperti Anthony Robbins, Stephen Covey, bisa dibayar ribuan dollar hanya untuk 3 jam berbicara, misalnya.

Contoh lain di dalam negeri ada Ary Ginanjar, Hermawan Kartajaya dan lainnya yang mereka dibayar mahal untuk sekali seminar atau ceramahnya.

“Dalam era pengetahuan atau “knowledge society”, modal terbesar untuk memenangkan persaingan bukanlah kekuatan otot atau fisik, melainkan kecerdasan otak atau kecerdasan intelektual.”
~Eko Jalu Santoso (Buku Good Ethos)

Karena itu penting memahami bagaimana rumus bekerja cerdas penuh kreativitas dan mampu menerapkannya dalam era persaingan sekarang ini, agar meraih keunggulan. Lengkapnya bisa dibaca di buku Good Ethos, 7 Etos Kerja Terbaik dan Mulia.

Salam Good Ethos, Sukses Bahagia Mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *