BERGERAKLAH DAN ANDA AKAN DIHARGAI

Oleh: Eko Jalu Santoso

Orang Jepang sangat menyukai mengkonsumsi ikan segar. Karena konsumsi ikan yang tinggi membuat para nelayan harus mencari tangkapan ikan sampai ke tengah laut. Akibatnya membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari untuk kembali dengan haail tangkapan ikan. Sayangnya ikan-ikan hasil tangkapan itu keburu menjadi tidak segar lagi dan tidak laku di pasaran.

Para nelayanun kemudian menggunakan freezer di dalam kapalnya. Ikan-ikan hasil tangkapan itu dimasukan dalam freezer dan dibawa ke daratan. Sesampai di darat ikan pun kurang laku, karena ikan beku tidak sebagus ikan segar dan kurang disukai.

Merekapun berpikir mencari ide kembali, yakni menggunakan bak atau semacam kolam dan diisi dengan air laut. Ikan hasil tangkapan dimasukkan dalam kolam atau bak dan dibawa ke daratan. Awalnya ikan tetap hidup dengan berenang di dalam kolam, tetapi lama kelamaan kelehan dan malas berenang, dan sampai di daratanpun ikan ini harganya murah. Orang Jepang tahu membedakan ikan segar dengan ikan yang malas dan lemas.

Akhirnya ditemukan ide dengan memasukan dua ikan hiu kecil ke dalam kolam atau bak ikan tersebut. Dampaknya ikan-ikan terus bergerak, berenang kesana kemari karena dikejar-kejar oleh ikan hiu akan di mangsa sampai ke daratan. Sampai di daratan ikanpun dihargai mahal, karena ikan masih tetap segar dan disukai.

Sahabat, kalau ingin dihargai dan lebih bernilai, maka bergeraklah. Teruskan bergerak, jangan diam dan malas. Bergerak meningkatkan kualitas diri, bergerak menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, bergerak meningkatkan potensi diri Anda. Bergeraklah terus untuk memberikan kemanfaatan bagi sesama. Mereka yang terus bergerak dan hidup dalam semangat dan motivasi tinggi, maka merekalah yang akan berprestasi dan dihargai.

Karena ini ciptakan hiu-hiu kecil di dalam diri Anda, agar Anda terus bergerak. Apa itu hiu-hiu kecil dalam diri kita ? Yakni dream atau impian yang akan kita raih.

Dream atau Impian
Tetapkan dream atau impian yang ingin Anda raih. Impian haruslah jelas, terukur dan memiliki taret waktu. Mereka yang mampu menetapkan impiannya dengan jelas, tajam, terukur dan memiliki target waktu mencapainya, akan lebih termotivasi untuk bergerak mengejar impiannya. Sebaliknya mereka yang hidup tanpa memiliki impian yang jelas, hanya akan menjalani hidup apa adanya, tidak berkembang dan hanya akan menjadi orang kebanyakan.

Action atau Tindakan
Setelah menetapkan impian yang jelas, segera ambil tindakan. Rencanakan dan lakukan tindakan fokus pada tujuan atau impian yang ingin diraih. Jangan biarkan godaan yang nampak menarik, tetapi sesungguhnya membelokkan dari impian Anda. Jangan pernah menyerah, terus cari cara terbak untuk mengejar impian yang sudah Anda tetapkan.

Hidupkanlah terus hiu-hiu kecil di dalam diri Anda. Itulah yang akan memotivasi Anda terus bergerak dan berkembang.

Salam Etos Mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *