HIDUPI IKHTIAR DENGAN DOA

Oleh: Eko Jalu Santoso

“Rencana sudah disiapkan dengan baik, usaha juga sudah dilakukan dengan baik, tapi hasilnya masih jauh dari target juga….kurang apalagi coba?”, demikian keluhan seorang teman yang kecewa dengan pencapaian targetnya di bulan ini.

Sahabat, dalam kehidupan kita boleh saja memastikan dalam membuat rencana yang terbaik, tetapi jangan memastikan dalam hasil, karena soal hasil itu sepenuhnya menjadi wewenang Allah.

Sesungguhnya Allah hanya menyuruh kita untuk melakukan ikhtiar yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Ikhtiar wajib dilakukan bagi yang ingin meraih sesuatu tujuan. Jika ikhtiar kita berhasil, maka akan mendapat dua keuntungan, yakni tercapainya tujuan dan dicatat sebagai amal sholih. Tetapi jika gagal, setidak dicatat sebagai bagian dari amal sholih kita.

Dan ingat, Allah melarang kita untuk bergantung kepada ikhtiar dan bergantung kepada sesuatu yang lainnya. Karena bergantung itu hanya kepada Allah. Bersandarlah hanya kepada Allah.

Maka hidupi ikhtiar dengan doa kepada Allah. Karena doa itu akan menguatkan ikhtiar yang kita lakukan. Doa akan mendekatkan kita kepada Allah SWT, kekuatannya menembus ke langit dan itulah yang akan memperlancar tercapainya apa yang kita usahakan.

Hikmah lain dari berdoa, kita akan terhindar dari kesombongan. Karena tidak menganggap keberhasilan kita semata-mata karena ikhtiar, tetapi karena campur tangan dari Allah SWT.

Setelah memastikan rencana terbaik, mengambil tindakan dengan ikhtiar terbaik, serta dibarengi selalu berdoa kepada-Nya, maka sisanya serahkanlah kepada Allah.

Biarkanlah Allah yang mengatur dan memastikan hasil yang terbaik untuk kita. Dengan kita tetap selalu berprasangka baik kepada Allah. Itulah yang disebut dengan bertawakal.

Kewajiban manusia adalah berikhtiar, berdoa dan kemudian bertawakal.Biarlah Allah yang mengatur hasilnya.

Salam Etos Mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *