Penghargaan (Apresiasi)

oleh: Eko Jalu Santoso

Pada dasarnya setiap orang merasa senang saat menerima penghargaan dari orang lain. Apakah itu penghargaan berupa materi seperti hadiah, bonus, insentif, atau dalam bentuk sertifikat, ucapan terimakasih dan bentuk pujian lainnya. Itulah mengapa banyak orang merasa bangga memamerkan sertifikat penghargaan yang diperolehnya, menunjukkan selembar surat khusus ucapan terimakasih dari konsumennya, atau selembar surat pujian dari atasan atau pimpinannya.

Sahabat profesional yang baik,
Kalau saat ini Anda dipercaya sebagai pimpinan, atasan, manager, supervisor atau apapun yang membawahi tim Anda, maka jangan segan memberikan penghargaan kepada anggota tim Anda. Berikan pernghargaan atas prestasi, pencapaian atau kinerja yang telah dilakukan oleh tim Anda. Sampaikan terimakasih kepada anggota tim Anda atas kemajuan pencapaian kinerjanya, misalnya. Berikan pujian dan apresiasi atas usaha-usaha yang telah dilakukan oleh anggota tim Anda. Bahkan sekalipun belum memberikan hasil yang baik, kalau hal itu sudah dilakukannya dengan sungguh-sungguh, maka berikan apresiasi atas usahanya itu.

Bagaimana memberikan penghagaan atau apresiasi kepada anggota tim Anda ? Anda bisa memberikan melalui bertemu langsung secara empat mata atau bisa melalui email, secara terbuka dihadapan anggota tim Anda lainnya, dalam bentuk tertulis atau dengan berbagai cara-cara kreatif lainnya. Anda bisa memberikan penghargaan dalam bentuk materi, hadiah, insentif, bonus, atau sekedar ucapan terimakasih dan pujian tulus lainnya.

Memberikan penghargaan itu berarti menunjukkan sikap Anda terhadap apa yang dilakukan oleh anggota tim Anda, menunjukkan seperti apa hasil yang Anda inginkan dari anggota tim Anda, serta menunjukkan apa yang menurut Anda penting dilakukan oleh mereka. Dengan umpan balik sikap menghargai seperti ini, karyawan atau anggota tim Anda akan memahami apa yang penting menurut Anda. Hal ini membuat anggota tim Anda tidak salah menafsirkan apa yang menurut Anda bisa diterima dan bernilai tinggi.

Pada dasarnya, setiap orang apapun posisinya, apapun tingkatannya, senang dan haus dengan penghargaan. Karena itu, kalau Anda sebagai pimpinan memberikan perhatian serta pujian yang tulus kepada anggota tim Anda atas pencapain kinerjanya, itu akan menjadian mereka merasa sangat dihargai. Mereka di-uwongke dalam bahasa Jawanya, sehingga bisa menyentuh sisi emosionalnya. Penghargaan seperti itu bisa membuahkan kebanggaan tersendiri bagi anggota tim karyawan Anda, bahkan kebanggaan di kalangan teman-teman lainnya. Hal ini bisa meningkatkan kebanggaan mereka terhadap perusahaan, terhadap organisasi dan juga kebanggaan mereka terhadap Anda sebagai pimpinannya.

Kebanggaan seperti itulah yang bisa mempertahankan semangat, motivasi dan etos kerja tinggi anggota tim Anda. Ketika karyawan menerima penghargaan atas prestasi atau pencapain kinerja yang dilakukan, maka merekapun akan bertindak dan berusaha mempertahankan citra positif yang telah berhasil diraihnya tersebut. Sebaliknya kalau mereka merasa telah melakukan usaha yang baik, namun tidak pernah diperhatikan alias tidak pernah mendapatkan penghargaan dari atasannya, lama kelamaan itu bisa melemahkan semangatnya, menurunkan motivasi dan etos kerjanya. Anda sebagai pimpinan tentu tidak mengharapkan penurunan motivasi seperti ini bukan ?

Pertanyaannya sekarang adalah, kapankah Anda terakhir kali memberikan penghargaan, baik berupa materi, barang, sertifikat, surat atau hanya sekedar ucapan terimakasih pada seseorang dalam jajaran anggota tim Anda ?

Kapankah Anda terakhir kali memberikan pujian yang tulus atas kemajuan pencapaian kinerja dari anggota tim karyawan Anda ?

Semoga bermanfaat. Salam GoodEthos.

About the author

ekojalusantoso

Book Author, Public speaker and Motivator

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*