Langkah Membangun Integritas

Oleh: Eko Jalu Santoso*

Dalam berinteraksi dengan berbagai kalangan luas dalam pekerjaan, sudah pasti kita akan bertemu dengan berbagai tipe dan karakter pribadi manusia yang berbeda-beda. Ada orang-orang yang dikenal memiliki sikap jujur, bisa dipercaya dan tidak pernah mengingkari apa yang dijanjikannya. Tetapi tidak jarang kita juga bertemu dengan orang-orang yang tidak jujur, suka berbohong, seringkali tidak menepati janji dan bahkan ada yang menghianati kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Padahal sebagian dari mereka ini adalah orang-orang yang memiliki pendidikan yang baik dan bahkan mengaku sebagai seorang professional. Namun alangkah anehnya kalau seseorang yang mengaku dirinya sebagai professional, tetapi dalam kenyataannya ia tidak jujur, suka berbohong, melakukan manipulasi dan bahkan tidak bisa memegang amanah yang dipercayakan kepadanya.

Sikap tersebut adalah wujud dari cerminan rendahnya integritas pribadi seseorang. Integritas adalah kesetiaan pada prinsip atau nilai-nilai yang diyakininya. Integritas adalah perpaduan sikap komitmen, konsisten, berani dan dapat dipercaya. Sikap seperti ini muncul dari kesadaran diri terdalam yang lahir dari suara hati. Setiap orang perlu mengembangkan integritas pribadi, agar menjadi pribadi yang dapat diandalkan. Kalau hal itu konsisten dilakukan maka akan dapat membangun integritas kelompok ataupun organisasi dimana ia berada. Pada gilirannnya akan dapat menyumbang kearah pembentukan integritas masyarakat secara luas.

Bagaimana mengembangkan integritas pribadi dalam karir ? Dalami buku “Good Ethos, 7 Etos Kerja Terbaik dan Mulia”, yang diterbitkan Elex Media Komputindo, saya menyampaikan beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengembangkan integritas pribadi Anda, diantaranya adalah:

1. Bicara sesuai kenyataan

Untuk membangun integritas pribadi dalam pekerjaan, biasakanlah selalu berbicara hanya sesuai dengan kenyataan yang ada. Hindari berbohong, menutup-nutupi dari kenyataan yang ada atau mengatakan yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Memang diperlukan keberanian kita untuk mengungkapkan segala sesuatunya sesuai dengan kenyataan yang ada, terutama pada hal-hal yang bisa saja tidak mengenakkan.

2. Penuhi Sesuai Apa Yang Anda Janjikan

Orang yang memiliki integritas selalu melakukan sesuai dengan apa yang dijanjikannya. Inilah yang menjadikan Ia pribadi yang bisa diandalkan. Dengan demikian berusahalah untuk tidak mudah mengobral janji, khususnya janji yang tidak dapat Anda lakukan, agar terhindar dari tidak menepati janji. Lebih baik menjanjikan dengan apa yang bisa Anda lakukan, sehingga dapat menjadi pribadi yang selalu menepati janji.

Pribadi yang memiliki integritas ketika ia memberikan janji, ia sudah memperhitungkan hal itu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Ia akan bersungguh-sungguh memenuhi apa yang sudah dijanjikannya kepada orang lain. Dalam aplikasi nyata dalam pekerjaan, berarti dituntut untuk senantiasa melaksanakan sesuai dengan komitmen yang sudah disampaikan, baik dalam hubungan dengan sesama rekan kerja, kepada atasan, kepada bawahan ataupun kepada supplier dan konsumen.

3. Satunya Perkataan dan Perbuatan.

Berusaha menjaga konsistensi atara perkataan dengan perbuatan. Dengan kata lain dapat melakukan sesuai dengan apa yang diucapkannya. Bila diberikan kepercayaan atau amanah dan menyanggupinya, maka berusahalah menjunjung tinggi amanah yang telah dipercayakan tersebut. Menyatukan antara perbuatan dengan perkataan merupakan karakter terpuji. Jika dilakukan secara konsisten, pada akhirnya akan memiliki karaker terpuji dalam seluruh aspek kehidupan.

Membangun integritas pribadi memerlukan komitmen pribadi untuk dapat menjaga konsistensi antara pikiran, perkataan dan perbuatan. Dapat selalu menepati janji sesuai dengan apa yang disampaikannya dalam perkataan dan tindakan. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah dapat memegang teguh amanah yang dipercayakan dari orang lain. Inilah yang akan membentuk karakter pribadi terpuji. Semoga bermanfaat. Salam Good Ethos.

*) Eko Jalu Santoso adalah seorang professional, penulis buku Good Ethos dan empat buku motivasi laris lainnya, serta pembicara inspiratif profesional. Follow twitternya: @ekojalusantoso Web: www.ekojalusantoso.com

About the author

ekojalusantoso

Book Author, Public speaker and Motivator

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*